TANYA JAWAB STEMPEL (eps 2 : Rahasia Ketajaman Stempel Runaflek)


Tanya Jawab Stempel adalah sebuah artikel tentang seputar pertanyaan-pertanyaan yang sering kami terima dari para produsen stempel yang mengalami beberapa kendala dalam proses produksi stempel. tidak melulu tentang tips & Trik pembuatan stempel tetapi banyak juga prtanyaan - pertanyaan tentang cara membuat mesin stempel, harga produk, dan juga cara - cara   berbisnis stempel yang cepat dan sukses. semua pertanyaan lengkap dengan jawaban tersebut telah kami rangkum dalam beberapa episode posting.

menarik, lucu, dan juga bermanfaat....!

PERTANYAAN SEPUTAR CARA MEMBUAT STEMPEL CETAK RUNAFLEK (BBM) APRIL 2013 OLEH PRODUSEN DARI KALIMANTAN.

Sore pak, apa benar ini Virgo Art yang katanya ahli bikin stempel??
iya bener pak ini Virgo, Tapi saya bukan ahlinya pak, sama2 masih belajar...

Oh... Saya Isa (nama samaran, lupa soalnya.... hehehe) pak. saya asli dari kalimantan.. mau tanya soal cara pembuatan stempel. 
salam kenal pak. panggilnya jangan pak. saya masih muda kok. bapak produsen dari kalimantan kok bisa nyasar ke tempat saya pak. emang dikalimantan gak ada yang ngajarin ya pak?

Iya mas. saya pelanggan tetap web blog mas virgo. banyak manfaat yg saya dapat dari tutorial gratisan yang di tulis mas virgo. salah satunya psotingan soal cara membuat stempel runaflek dan postingan yang judulnya tanya jawabnya itu loh mas. penuh dengan pengetahuan baru tentang cara membuat stempel runaflek yang baik dan benar.
 oh iya pak. makasih pak udah jadi langganan webblog tutorial stempel dari virgo. berarti udah gak ada masalah dong pak?

Masih banyak  masalahnya mas.. tutorial udah saya terapin semua tetapi tetap aja gak berhasil? mohon diberikan tips2nya. kali aja ada yang tertinggal.
sebelumnya mohon maaf tutorial yang bapak terapin dari postingan saya yang judulnya cara membuat stempel flash dan runaflek ya pak?

Iya mas bener tuh postingan yang saya ikutin . emang kenapa mas? ada yang salah ya mas?
salah sih enggak pak. hanya saja tutorial itu emang udah kuno sekali pak, dan saya juga dulu asal COPAS aja tuh pak dari postingan orang. soalnya dulu saya belum pede ngajarin orang pak. takut salah kaprah.

Wah.. Rugi nih jauh2 dari kalimanta udah saya yakinin tuh tutorial. mas virgo sih gak ngomong2 dulu.
Hehehehe... saya kenal bapak kan baru sekarang pak. bapak juga sih percaya ama artikel. percaya ama Tuhan pak. wkwkwkw

Wkwkwkwkw... iya ya mas.. trus gimana nih mas. apa yang harus saya lakukan. berarti harus mulai dari nol ya??
iya deh sebagai ganti kerugian bapak kita ulangin tutorialnya dari awal. ntar saya pandu sampai bisa

Wah mantep tuh mas, oke deh ini saya udah siapin 1 buah setting stempel pak. biasanya sih hasilnya gak bisa dalam pak. 
langkah pertama. untuk belajar gak perlu pakai film / setingan dulu. karena tempat kita jauh maka saya gak bisa tahu apa yg jadi sebab kegagalan hasil stempel bapak. apakah prosesnya, mesinnya atau bahannya. makanya saya anjurkan tidak menggunakan film / setingan dulu pak.

Nah loh... trus pake apa mas? bingung nih... 
Jangan bingung pak. di baca baik2 langkah2 yang saya anjurkan
1. potong karet ukuran 4cm x 4cm
2. bapak cari lakban hitam yg buat kabel juga bisa dipotong seperlunya aja dengan panjang sekitar 4cm aja.

Bentar mas. lakban kabel buat apa ya mas??? gak mudeng nih mas.
hehehe. tips ini asli dari pemikiran Virgo untuk ngajarin jarak jauh pak. mikirnya 3hari 3malam loh pak. btw, udah disiapin semua kan pak. sekarang perhatikan. coba bapak lepas plastik lapisan stempel runaflek yang bapak potong dengan ukuran 4 x 4cm tadi. udah au kan depan belakangnya. jangan lupa kulit ari (plastik tipis di dalamnya) jangan lupa dilepas juga

Sudah mas. oh iya saya sering kesulitan bedain bagian mana yang harus dilepas plastiknya. dan saya juga bingung mas cara lepas kulit arinya. soalnya tipis bgt. 
bedain lapisan plastik yang harus dilepas gampang kok pak. kalo diperhatikan  ternyata warna plastik yang dilepas lebih kusam daripada plastik di sisi sebelahnya. dan palstik itu tidak terlalu lekat dengan karet runafleknya. nah untuk cara lepas plastik tipis kulit ari sangat muda pak. sewaktu plastik tebal sudah terlanjur lepas tetapi kulit ari / plastik tipis masih tertinggal di karet. cara paling mudah adalah dengan menempelkan lakban apa saja keatas permukaan ari tersebut lalu angkat lakban itu perlahan-lahan. maka kulit ari / plastik tipis tersebut akan menempel ke lakban otomatis terlepas dari karetnya..

Wah mas Virgo canggih tuh. kalo udah lepas lalu diapain pak. lakbannya tadi gunanya buat lepas ari itu ya pak
Hehehehe... itu cara jadul pak. lakban tadi bukan untuk itu pak. kalo udah terlanjur dipakai potong aja lai dengan panjang 4cm atau terserah deh. 2cm boleh 5cm juga boleh.

Oke mas udah Siap nih. diapain lagi mas
nah karet tadi udah dilepas arinya. lakban juga udah disiapin. sekarang tempelin lakban tadi di sebelah mana saja diatas karet yang udah diambil arinya tadi, ingat disisi karet yg udah lepas arinya loh yang ditempelin lakban hitam. posisi tempatnya nempel sebelah mana saja boleh. atas bawah atau tengah. suka-suka bapak deh.. hehehehe

Bentar mas.. ohhhhhhhhhhhhh.....!!!!!! saya tahu nih mas. maksudnya mas lakban itu di ibaratin jadi setting / film negatif stempel kan mas???? mas virgo kereeeennn...  idenya sippp ..
Hehehehe...tahu juga nih bapak maksud saya. kemarin ada lo pak, orang jakarta gak mudeng sama sekali maksud saya. 

Udah nih pak. saya kirim gambarnya ya.....??
oke tuh pak udah bener. sekarang tinggal di sinarin UV

Iya pak.. bentar saya cari penjepit kerta n kaca dulu.
Buat apa Pak? repot amat??

Ditutorialnya kan gitu??
hehehe kan udah saya bilang itu udah kadaluarsa pak. gak perlu penjepit lagi udah langsung di taruh di atas lampu UV. kalo seandainya bapak pakai kalkir inget ya pak. kalkir harus dikasih moris ato bisa diganti sama cairan XXXX. trus kalkir nya langsung di tempelin karetnya. yg penting diperhatikan, jangan sampai ada gelembung angin didalamnya ya. kalkir itu harus benar-benar melekat dengan karetnya. jadi gak perlu penjepit lagi...

Siap mas.. laksanakan... ngomong2 berapa menit nih pak???
10 menit aja cukup pak

Udah 10 menit maas. cara sikatnya gimana mas? soalnya pake sikat gigi repot mas..
Wkwkw,, ternyata tuh tutorial ngrepotin bgt ya pak?? pake kuas aja pak ukuran 2inch. jangan pake sikat gigi. oh iya kuasnya dipendekin separo ya pak. biar agak kaku dikit

 HAHAHAHA.... dihapus aja tuh mas tutorialnya. menyesatkan...
Heheheh... eman2 pak kalo di hapus. trafik tuh tutorial lumayan tinggi...

Maaaaaasssss.... Ini udah saya sikat pak. eh kuas cuma pake bensin murni tanpa dicampur apa-apa... enak banget mas... sisi yang kena lakban tadi habis sampai tinggal plastiknya. dalam bgt mas. Sukses....
Syukur deh pak. coba cari semut ditaruh didalamnya pak...

Buat apa Mas??
buat tes aja pak. kalo semutnya gak bisa naik berarti udah dalam pak. kalo kurang dalam nta bisa telpon tukang gali sumur pak.. wkwkwkwkw

Ah.. bapak selain jual stempel juga pinter nglawak ya,
 aseeeeekk... tips penting nih pak. tadi bapak kan coba pake bentuk tak beraturan karena memang cuma pake lakban. jadi rasanya waktu di sikat mudah sekali. tapi lain cerita kalau bapak sudah mulai menggunakan film negatif, bapak harus hati-hati memperkirakan waktu menguas stempel dan komposisi bensin yang di celupin kuas. ingat, kalau bapak terlalu lama mneguas stempel itu maka jika ada lis tipis dibawah ukuran 2point, maka lis itu akan melepuh dan menjadi keriting. caranya agar list / garis itu tidak melepuh adalah dengan memperkirakan waktu sebaik mungkin. untuk menguas stempel tidak boleh lebih dari 5menit, harus cepat denga  tekanan kuas yang agak kencang. oh iya. gunakan hair Driyer untuk membantu mengeringkan stempel. ketika stempel dikuas stengah menit prtama, harus segera cepat2 di keringkan dengan hair driyer. hingga bensin yang ada di atas stempel kering, lalu ulangi proses ini maksimal 3kali sesuai desainnya. kalau banyak titik titik, huruf I, huruf Times dan List  /  garis yg notabene nya rawan keriting. maka cara menguasnya harus sedikit bergerak sedikit cepat, tapi tekanan lembut. dan sebentar2 di hair driyer.  ingat ketika bagian stempel yang timbul mulai melepuh dan sedikit hampir keriting segera cepat2 di hair driyer. kalau belum parah biasanya list yang mau keriting terseut akan kembali seperti semula.

 ohhh.... butuh hair driyer juga ya pak. besok deh saya coba beli dan terapin cara bapak. eh iya kalau diliat dari cara bapak kayaknya stempel ini gak perlu di celup di bensin ya pak.
hampir lupa pak. gak perlu di celup ditempelin di papan kecil aja pak, pakai dobel tape. ntar  yg di celup kuasnya aja. trus cara sikatnya juga gak boleh sembarangan, harus 1 arah atau bisa juga 2 arah bolak balik dengan posisi horisontal dahulu setelah di hair driyer dan sedikit timbul lalu arah vertikal siakt bolak balik juga, bisa berulang-ulang. 

mantap pak. lengkap kali. kalau bapak di kalimantan udah saya traktir makan sepuasnya pak. Soalnya dikalimantan produsen stempel pelit pak. gak mau ngajarin. harga bahan stempel di kalimantan juga mahal pak. bisa  5 kali lipat harga di semarang.
oh gitu ya pak. pantesan temen saya yg jual bahan stempel di kalimantan, makasar, dan sumatra pada punya honda jazz pak.  kalo udah tahu mahal bapak boleh dong beli bahan stempel di tempat saya....

Iya pak. sebagai rasa terima kasih saya, saya mau pesen karet runaflek 1 plano, karet flash 5 pcs dan gagang ntar saya kasih daftarnya... tapikasi diskon loh pak...
Boleh, boleh.... gak beli minta diajarin aja saya ajarin apalagi pake beli bahan stempel segala. makasih pak,....

Iya Pak. sama2. say mau ijin tidur dulu pak udah jam8 nih pak. beosk boleh sharing lagi kan pak.
iya pak boleh.........

Share on Google Plus

Kontak Stempel VIRGO

Untuk Order Bisa Menghubungi : Telp/WA/SMS. 085641156748, Pin BBM : 51D01B21, Email : Info@virgoartproduction.com Tanya Tidak Harus Beli, Silahkan Bertanya..
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Pertamax...mantep klo d liat ne pasti hasil ngumpulin pertanyaan dari web/fb haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bagus kalau dicampur toluent... langsung ha ha, sayangnya larang dijual umum... karena bisa disalah gunakan..

      Hapus