SENI STEMPEL UKIR KUNO DARI KAISAR TIONGKOK

STEMPEL UKIR- Dalam kunjungan saya  ke jakarta beberapa waktu lalu, tidak sengaja saya membaca sebuah iklan pameran dalam sebuah warta budaya. yaitu tentang pameran seni ukur stempel yang akan memamerkan beberapa stempel kuno yang bukan saja berasal dari cina seperti dari jaman Dinasti Qin (221-206 SM) tetapi juga berasala dari indonesia seperti jaman borobudur dan dll. karena saya penasaran seperti apa sih stempel kuno tersebut maka sgera saya berkunjung ke pameran tersebut. ini nih liputannya...

stempel ukir stempel kristal
Pameran stempel tiongkok ini diadakan di Museum Nasional. ketika saya memasuki area pameran stempel ini yang saya rasakan pertama kali adalah perasaan kagum hingga merinding, dalam area pameran tersebut ada setidaknya 700 jenis stempel yang dipajang dalam display pameran tersebut.


stempel ukir stempel kristal

stempel ukir stempel kristal


Hampir seluruh stempel dari jaman Dinasti Qin dan lainnya ada dalam pameran Seni Ukir Stempel Dan Kaligrafi Karya LI LANQING. Pameran ini  terdiri dari lima bagian, antara lain Seni Ukir Stempel Tiongkok, Kebudayaan Dunia, Kebudayaan Tiongkok, Tiongkok Masa Kini, dan Isi hati Tentang Kehidupan. Isinya kombinasi antara puisi, kaligrafi, gamar, foto dan tulisan. Khusus untuk pameran kali ini, Bapak Li Lanqing mengukir enam stempel, antara lain, Indonesia, Borobudur, Stempel Cheng Ho, Hidup Bersama Damai, Bekerja Sama Saling Menguntungkan, Tingkatkan Pertukaran Kebudayaan Tiongkok – Indonesia, Dorong Kerjasama Persahabatan Rakyat Kedua Negara, dan Semoga Rakyat Indonesia Sehat Walafiat dan Bahagia.
stempel ukir stempel kristal

 Karya-karyanya menarik dan memiliki pesona budaya yang sederhana dan bergaya kuno, karena si seniman memperhatikan kaligrafi dan penataan aksara, teknik penggunaan pisau, serta estetika huruf dan garis. Li Lanqing adalah orang yang berperan besar dalam pameran ini, ia pernah menjabar sebagai Kepala Biro Investasi Asing pada Kementrian Ekonomi dan Perdagangan Luar Negri, Wakil Walikota Tianjin, Wakil Mentri Ekonomi dan Perdangan luar negri dan lain-lain. Sejak 1997 Li Lanqing dilantik sebagai anggota Dewan Harian Politbiro Komite Sentral PKT, dan Wakil Perdana Menteri. Dalam masa panjangnya beliau mengemban tugas perdagangan, pendidikan, kebudayaan, olahraga, keuangan dan perpajakan, serta sains dan teknologi. Hingga saat ini, jumlah karya stempelnya lebih dari 700 buah.


keterangan  sejarah dari : http://www.tembi.net
Share on Google Plus

Kontak Stempel VIRGO

Untuk Order Bisa Menghubungi : Telp/WA/SMS. 085641156748, Pin BBM : 51D01B21, Email : Info@virgoartproduction.com Tanya Tidak Harus Beli, Silahkan Bertanya..
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar